Beberapa Kalimat yang Memotivasi

Kalimat-kalimat ini ditemukan (tepatnya terbaca) pada saat kuliah di IPB pada semester lima ketika kost satu kamar dengan Prihardadi (Temon). Ada sebuah buku kecil yang berisi dua puluh kalimat motivasi. Kalau ga salah judulnya Rahasia menjadi Juara. Sungguh disayangkan, terlupakan siapa penulis buku kecil itu. Delapan kalimat di bawah ini bisa ditulis kembali di sini, karena sempat tercatat dalam sebuah buku agenda (sekarang sepertinya sudah hilang buku agenda itu). Tapi alhamdulillah, di belakang halaman pengesahan skripsi, delapan kalimat ini dicantumkan, niatnya agar pembaca skripsi juga dapat membaca kalimat-kalimat itu di samping membaca isi skripsinya, selain memang cukup mencerminkan juga dari perjuangan dalam penyelesaian penelitian dan skripsi yang memang luar biasa, dihiasi dengan berbagai pengalaman yang tidak terlupakan baik pahit maupun manisnya. Agar kalimat-kalimat ini bermanfaat lebih, maka ditulis kembali di sini, walaupun penulis pertama buku itu tidak tercantumkan, tapi insyaAllah, jika ada manfaatnya, maka berkahnya akan kembali juga untuknya.

  1. BERANILAH MEMASUKI WILAYAH YANG PENUH TANTANGAN, JANGAN BERDIAM DIRI DI TEMPAT YANG NYAMAN DAN AMAN SAJA. INGATLAH KARAKTER ANDA DIBENTUK DALAM BADAI, BUKAN DALAM KETENANGAN.
  2. KEMBANGKANLAH KEBIASAAN BERTINDAK. BILA ANDA SUDAH MEMPUNYAI PENGETAHUAN DAN KESADARAN, MAKA LANGKAH YANG PENTING ADALAH BERTINDAK. TINDAKANLAH YANG AKAN MEMBUAT PENGETAHUAN DAN KESADARAN ANDA MENGUBAH HIDUP ANDA.
  3. LAKUKANLAH SEGERA APA YANG ANDA HARUS LAKUKAN. KEBIASAAN MENUNDA TIDAK SAJA AKAN MENGIKIS RASA PERCAYA DIRI DAN MEMBUAT ANDA LEMAH, TAPI JUGA BISA MEMBUAT MASALAH SEMAKIN BESAR.
  4. HADAPILAH SETIAP MASALAH YANG DATANG BUKAN SEBAGAI ANCAMAN YANG AKAN MENGALAHKAN, TAPI SEBAGAI TANTANGAN YANG AKAN MEMBUAT ANDA SEMAKIN KUAT.
  5. BERPEGANGLAH PADA PRINSIP: YANG SUDAH BERLALU BIARLAH BERLALU, DAN YANG AKAN TERJADI BIARLAH TERJADI. JANGAN BIARKAN MASA LALU MENGGANGGU DAN JANGAN BIARKAN MASA DEPAN MERUSAK MASA KINI. YANG PENTING ANDA MENGISI MASA KINI DENGAN HAL-HAL YANG POSITIF.
  6. ANGGAPLAH SETIAP KEGAGALAN SEBAGAI PELAJARAN, BUKAN ALASAN UNTUK MENYERAH. DENGAN DEMIKIAN ANDA TIDAK DIKALAHKAN OLEH KEGAGALAN, NAMUN DIBESARKAN OLEH KEGAGALAN.
  7. JANGAN MUDAH MENYERAH MENGHADAPI SITUASI DAN KONDISI APAPUN. BERTAHANLAH DAN CARILAH JALAN KELUARNYA. SELAMANYA TERLALU PAGI UNTUK MENYERAH.
  8. BERANILAH UNTUK MENGAKUI KEUNGGULAN, KELEBIHAN ATAU PRESTASI ORANG LAIN TANPA MERASA RENDAH DIRI. BIASAKANLAH MELIHAT SISI SISI POSITIF ORANG LAIN DAN PUJILAH DENGAN SOPAN DAN TULUS. HINDARI PERASAAN IRI HATI KETIKA ORANG LAIN DIPERLAKUKAN SECARA ISTIMEWA DI HADAPAN ANDA.

Semoga bermanfaat,

Wonju, 11 April 2011, 23:48.

About agungnug19
an ordinary person

3 Responses to Beberapa Kalimat yang Memotivasi

  1. fia_fie says:

    first commenttt nee…hee
    like thisss….TOP BGT dah pokko’n without celaan,,^^

  2. ini adalah sebuah motivasi yang sungguh luar biasa, sangat bermanfaat buat saya pa,,
    good luck ^_^ slalu untuk bpk.
    keep fighting

  3. irwahyudi says:

    terima kasih pak, kata2 yang sangat membantu,,,hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: